Logo

Pengembangan ESDM

PENGEMBANGAN SDM

Perseroan memandang penting peran SDM dalam memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan pengembangan SDM merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya mencapai visi dan misi Perseroan. Oleh karena itu, Perseroan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan serta memacu produktivitas dan motivasi tiap karyawan, antara lain dengan:

a. Sistem Penghargaan
Sebagai bentuk penghargaan, Perseroan memberikan bonus kepada karyawan sesuai dengan kinerjanya serta memberikan komisi kepada tenaga penjualan yang mencapai target dengan persentase tertentu. Hal ini bertujuan untuk mendorong karyawan mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai dalam selama satu periode pencapaian. Selain itu, Perseroan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi berupa promosi jabatan.

b. Sistem Kenaikan Gaji
Gaji yang diberikan Perseroan kepada karyawannya telah memenuhi standar gaji dan upah minimum regional sesuai dengan peraturan pemerintah. Perseroan juga melakukan peninjauan gaji minimal satu kali dalam setahun berdasarkan keputusan Direksi, yang mempertimbangkan antara lain kinerja karyawan dan laju inflasi, dan menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku seperti kenaikan upah minimum regional. Kompensasi yang diterapkan di Perseroan berusaha selalu mengacu kepada prinsip dasar kompensasi yaitu komparatif secara internal dan kompetitif secara eksternal di industri yang sama.

c. Menyediakan Berbagai Macam Bentuk Tunjangan dan Fasilitas
Perseroan menyediakan beberapa macam tunjangan dan fasilitas bagi karyawan. Tunjangan dan fasilitas tersebut diperuntukkan bagi seluruh karyawan Perseroan dengan beberapa pengecualian seperti fasilitas mutasi yang hanya diberikan kepada karyawan-karyawan tertentu. Tunjangan dan fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

• Asuransi tenaga kerja melalui BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian;
• Tunjangan Hari Raya;
• Bonus tahunan atas kinerja Perseroan;
• Fasilitas mobil dinas sesuai dengan jenjang jabatan;
• Penggantian biaya bensin dan pulsa telepon untuk karyawan operasional;
• Penggantian biaya dan tunjangan perjalanan dinas;
• Fasilitas pelatihan dan pengembangan;
• Santunan kedukaan;
• Penggantian biaya pengobatan: rawat inap dan rawat jalan;
• Tunjangan jabatan;
• Insentif;
• Koperasi Karyawan;
• dan lain-lain.

d. Program Pelatihan
Dalam mengembangkan kompetensi karyawannya, Perseroan mengadakan program-program pelatihan dan pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif. Pengembangan kompetensi yang dilakukan mencakup pengembangan keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan sikap (attitude). Edukasi diberikan kepada tenaga penjualan, teknisi, service advisor, dan pelayanan keluhan pelanggan dengan tujuan agar mereka dapat memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Perseroan memiliki training center seluas 900 m2 yang berada di Jl. Raya Kaligawe Km. 5, Semarang. Training center ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung dalam proses belajar dan mengajar. Program pelatihan yang diberikan kepada karyawan Perseroan, in-house maupun bekerja sama dengan pihak ketiga, antara lain:

• Pelatihan untuk tenaga penjual, seperti pelatihan pengetahuan tentang produk Perseroan, baik produk otomotif maupun produk pembiayaan, serta simulasi penjualan untuk mendemonstrasikan teknik penjualan yang lebih baik.
• Pelatihan untuk tenaga bengkel dan kepala bengkel, seperti program pengendalian mutu untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas kerja semua jajaran bengkel. Selain itu, setiap tahunnya Perseroan mengadakan kontes keterampilan tenaga bengkel dan kepala bengkel dimana pemenangnya akan dikirim sebagai wakil Perseroan untuk mengikuti kontes perbengkelan tingkat nasional.
• Pelatihan untuk kepala cabang dan supervisor, seperti lokakarya keuangan dan manajemen untuk menambah pengetahuan di bidang keuangan dan manajemen.
• Workshop ke luar negeri, seperti meninjau pameran mobil internasional untuk membuka kesempatan karyawan dalam mengembangkan kemampuan wawasan dan untuk meninjau.

Selain kepada karyawannya, Perseroan juga memberikan pelatihan kepada pihak ketiga untuk meningkatkan brand awareness bagi calon karyawan maupun calon konsumen. Salah satu program yang telah dijalankan Perseroan bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation dan PT Toyota Astra Motor adalah memberikan pelatihan dan bantuan fasilitas kepada beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Fasilitas yang disediakan antara lain berupa manual training, pengembangan kurikulum yang terbaru, pelatihan untuk guru, buku panduan technical Toyota, kesempatan untuk melakukan latihan kerja di Toyota, serta fasilitas alat peraga berupa kendaraan Toyota untuk kegiatan praktikum. Program ini merupakan wujud nyata untuk ikut serta mengembangkan SDM Sekolah Menengah Kejuruan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah serta untuk mempersiapkan para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif agar lebih siap menghadapi dunia kerja.