Logo

News

CARS Menjaga Pertumbuhan Laba Bersih

Jakarta, 31 Oktober 2018 – PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (“Bintraco”, kode saham: CARS) berhasil mencatatkan laba bersih Rp202 milyar untuk 9 bulan pertama 2018 atau setara dengan laba bersih 12 bulan selama 2017. Laba bersih selama 9 bulan pertama 2018 ini tumbuh 26% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pencapaian ini mencerminkan konsistensi upaya perusahaan untuk mempertahankan pertumbuhannya selama tahun 2018.

Laba Bersih di triwulan ketiga 2018 ini tumbuh ditopang oleh Pendapatan Bersih yang tumbuh 8% menjadi Rp5,7 triliun. Pendapatan Bintraco tumbuh sejalan dengan pertumbuhan segmen bisnis otomotif 7% yang terutama didorong oleh New Rush dan tumbuhnya segmen bisnis pembiayaan 14% yang didukung dengan naiknya volume pembiayaan. Sampai dengan September 2018, kontribusi pendapatan otomotif 66% dan pembiayaan 34%. Laba Kotor tumbuh 8% sejalan dengan pendapatan bersih menjadi Rp917 milyar. Tidak hanya pertumbuhan pendapatan, pertumbuhan laba yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan proses di segmen bisnis otomotif dan kontribusi laba dari perusahaan asosiasi Perseroan.

Pada tanggal 8 Oktober 2018, Bintraco melalui PT Meka Adipratama sebagai anak usaha di segmen bisnis otomotif khususnya layanan purna jual, telah mengakuisisi PT Andalan Adhi Niaga. Akuisisi ini diharapkan meningkatkan sinergi bisnis Perseroan dalam hal penjualan suku cadang, perbengkelan, dan e-commerce. Dengan sinergi ini, diharapkan Perseroan dapat memperkuat posisi keuangannya.

Sebastianus Harno Budi, Direktur Utama Bintraco mengungkapkan, “Di triwulan ketiga tahun ini, kami masih dapat menjaga momentum pertumbuhan laba sepanjang tahun 2018. Meski demikian, kami menyadari situasi industri otomotif semakin menantang khususnya dengan peningkatan suku bunga. Untuk itu, kami secara konsisten mengembangkan bisnis layanan purna jual dan menciptakan pengalaman memiliki mobil di era digital. Hal ini dapat dilihat dari upaya kami dalam pembenahan organisasi salah satunya akuisisi PT Andalan Adhi Niaga, pengembangan jaringan bengkel CARfix, dan peluncuran aplikasi CARS WORLD.”

Sekilas Tentang PT Bintraco Dharma Tbk
Bintraco didirikan di Semarang pada tanggal 1 Juni 1969 dengan nama PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma. Saham Bintraco telah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 10 April 2017 dengan kode saham CARS. Hingga saat ini, Bintraco telah tumbuh menjadi holding company bagi PT New Ratna Motor sebagai founder dealer Toyota di Jawa Tengah dan Yogyakarta melalui jaringan Nasmoco Group (24 jaringan diler resmi), PT Andalan Finance Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan otomotif (43 kantor cabang dan 1 sales point di pulau Jawa dan kota-kota besar di Indonesia), PT Meka Adipratama sebagai perusahaan layanan purna jual untuk distribusi suku cadang yang tengah mengembangkan bisnis bengkel ritel dengan brand “CARfix” (trading outlet lebih dari 6.000 outlet dan 7 outlet bengkel CARfix di Semarang, Yogyakarta, dan Solo), dan PT CARSWORLD Digital Indonesia, sebagai sarana pengembangan sistem yang menggabungkan usaha Perseroan dan Entitas-Entitas Anak dalam sistem terintegrasi untuk memperkuat jaringan Perseroan di bidang otomotif.

Pada akhir tahun 2017, Bintraco telah memanfaatkan dana hasil IPO sebesar kurang lebih 33% untuk menambah modal kerja segmen otomotif Bintraco melalui PT New Ratna Motor dan kurang lebih 33% untuk pembangunan diler segmen otomotif Bintraco yaitu Nasmoco Purbalingga dan Nasmoco Demak. Sisanya direncanakan akan dimanfaatkan di tahun 2018 untuk pengembangan bisnis Perseroan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Irawan Wijayanto/Patrick Kapugu
Investor Relation
PT Bintraco Dharma Tbk
Tel : (62-21) 2235-6800
Fax : (62-21) 2235-6801
Email : [email protected]

Latest News

CARS Menjaga Pertumbuhan Laba Bersih
Jakarta, 31 Oktober 2018 – PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (“Bintraco”, kode saham: CARS) berhasil mencatatkan laba bersih Rp202 milyar untuk 9 bulan pertama 2018 atau setara dengan laba bersih 12 bulan selama 2017. Laba bersih selama 9 bulan pertama 2018 ini tumbuh 26% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Pencapaian ini mencerminkan konsistensi upaya perusahaan untuk mempertahankan pertumbuhannya selama tahun 2018.
CARSWORLD Resmi Diluncurkan dan CARfix Memulai Sistem Kemitraan
Jakarta, 17 Oktober 2018 – Pada hari ini, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk atau disingkat PT Bintraco Dharma Tbk (“Bintraco Dharma”) melalui anak usahanya PT CARSWORLD Digital Indonesia meluncurkan aplikasi digital CARSWORLD, yaitu aplikasi baru di dunia otomotif. Bertepatan dengan peluncuran aplikasi CARSWORLD, hari ini secara resmi CARfix memulai ekspansinya dengan pola kemitraan yang ditandai oleh seremoni penandatanganan kerja sama dengan para mitra CARfix. CARfix dikembangkan sebagai modern retail workshop yang melayani berbagai jenis perbaikan untuk semua jenis kendaraan.
Lowongan
Perusahaan publik yang sedang berkembang dengan berbagai bidang bisnis antara lain :

1. Dealership Toyota di Jawa Tengah & DI Yogyakarta (NASMOCO)
2. Perusahaan pembiayaan (ANDALAN FINANCE INDONESIA)
3. Spare part distributor dan bengkel (MEKA GROUP)
4. Perusahaan digital (CARS WORLD DIGITAL INDONESIA)
Serta Bisnis-bisnis lainnya seperti Balai Lelang , Rental , Logistik dll.

Sedang membutuhkan karyawan/karyawati yang potensial untuk mengikuti

MANAGEMENT TRAINEE

Kualifikasi :
Sarjana (S-1) IPK ; 3.00 Semua Jurusan
Usia max.24 Th
Bersedia ditempatkan di wilayah Jabotabek, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

Kirim Surat Lamaran Lengkap dan CV :

[email protected]