Logo

News

Pasar Otomotif: Nasmoco Realisasikan 55% Target

Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto menuturkan dengan realisasi ini maka perusahaan berhasil meningkatkan penguasaan pasar atau market share di Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng & DIY).

Tahun lalu market share perusahaan mencapai 31%. Akan tetapi dengan realisasi penjualan sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini maka market share perusahaan naik menjadi 32,6%. Sedangkan pasar kendaraan secara keseluruhan juga tumbuh sebesar 7%.

“Kehadiran kompetitor nyatanya tidak mengurangi market share kami, karena masing-masing memiliki segmen,” kata Fatrijanto di sela pengenalan All New Voxy dan New Fortuner TRD di Semarang, Rabu (16/8).

Meski berhasil meningkatkan market share, Fatrijanto memperkirakan realisasi penjualan di sementer II/2017 tidak akan berbeda jauh dengan target yang telah ditetapkan perusahaan. Hadirnya beberapa varian baru akan menambah permintaan secara sementara akan tetapi tidak akan membuat pasar benar-benar bergairah.

“Padahal ekonomi secara makro bagus, akan tetapi di bawah pengusaha bilang mereka sulit. Mikronya sulit. Sepertinya orang pada nyimpan uang,” katanya.

Fatrijanto mengatakan pihaknya memperkirakan di Semester II kontribusi utama penjualan di jawa tengah dan DIY masih akan dipegang oleh Toyota Avanza. Berikutnya bersumber dari Calya dan disusul oleh Innova.
“Pasar kami unik, kami dapat menjual Innova 400-500 unit setiap bulannya,” katanya.

Sri Agung Handayani, Product General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan hingga Juli secara nasional pihaknya sudah menjual 226.000 unit produk Toyota. Ini setara dengan market share sebesar 36,5%.

“Setiap tahun market berpindah, sometime jawa. Sekarang yang stabil adalah big cities,” katanya.
Sedangkan pada daerah medium low, maka penjualan akan sangat tergantung dengan kebijakan pemerintah daerah dalam mengerakan perekonomiannya. Serta dukungan OJK dalam memberikan kredit. Khusus Fortuner, perusahaan mencatat market share mencapai 45%. Handayani menjelaskan pihaknya telah menjual 162.500 unit semenjak Toyota Fortuner diperkenalkan di 2005.

Latest News

CARSWORLD Resmi Diluncurkan dan CARfix Memulai Sistem KemitraanCARSWORLD Resmi Diluncurkan dan CARfix Memulai Sistem Kemitraan
Jakarta, 17 Oktober 2018 – Pada hari ini, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk atau disingkat PT Bintraco Dharma Tbk (“Bintraco Dharma”) melalui anak usahanya PT CARSWORLD Digital Indonesia meluncurkan aplikasi digital CARSWORLD, yaitu aplikasi baru di dunia otomotif. Aplikasi ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pecinta otomotif di Indonesia. Saat ini, CARSWORLD menghadirkan layanan booking servis mobil secara online dan memberikan kemudahan untuk mengajukan kredit melalui aplikasi. Selanjutnya, dalam waktu dekat, penggunanya dapat pula mengakses fitur untuk pembelian mobil, aksesoris, dan lelang mobil melalui aplikasi. CARSWORLD ini dirancang untuk memenuhi gaya hidup para pecinta otomotif, mulai dari membeli mobil baru, memperoleh pembiayaan, melakukan perbaikan, menjual mobilnya, sampai dengan kembali membeli mobil baru atau used car dengan standard quality. Sebastianus Harno Budi, Direktur Utama Bintraco Dharma, mengatakan, “Aplikasi CARSWORLD akan semakin mendekatkan kami dengan para pelanggan kami di era digital ini. Melalui aplikasi ini, saat ini pelanggan salah satunya dapat melakukan booking servis di bengkel kami, CARfix.”

Sebastianus menyebutkan, “Aplikasi ini merupakan solusi yang fleksibel dan akan memberikan keuntungan bagi pelanggan. Salah satu keunggulannya, adalah ketika memperbaiki kendaraan, pelanggan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantre saat registrasi kendaraan. Lebih lagi, pelanggan dapat dengan transparan melihat biaya servis kendaraannya. Tidak hanya itu, jika pelanggan ingin membeli used car, pelanggan dapat mengetahui dengan transparan harga used car dan memahami kondisi used car tersebut.”

Untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya, CARSWORLD telah didukung oleh jaminan keamanan digital dari Alibaba Cloud. “Kami percaya, penggunaan platform Alibaba Cloud akan memperkuat upaya kami dalam memberikan layanan-layanan terbaik bagi aplikasi CARSWORLD,” tambah Sebastianus.

Bertepatan dengan peluncuran aplikasi CARSWORLD, hari ini secara resmi CARfix memulai ekspansinya dengan pola kemitraan yang ditandai oleh seremoni penandatanganan kerja sama dengan para mitra CARfix. CARfix dikembangkan sebagai modern retail workshop yang melayani berbagai jenis perbaikan untuk semua jenis kendaraan. Adapun, seremoni ini diadakan bagi 10 mitra CARfix yang bekerja sama dengan Bintraco Dharma melalui anak usahanya. Sebastianus mengungkapkan, “Dengan pola kemitraan, kami dapat memastikan pertumbuhan bisnis yang cepat, dengan investasi yang terjangkau, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.” Di 2019, CARfix direncanakan menambah kurang lebih 100 outlet.

Sekilas Tentang PT Bintraco Dharma Tbk
Bintraco Dharma didirikan di Semarang pada tanggal 1 Juni 1969 dan telah tumbuh menjadi holding company bagi beberapa anak perusahaan seperti:
- PT New Ratna Motor, sebagai diler Toyota di Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 24 jaringan diler yang menyajikan layanan penjualan unit kendaraan dan layanan purna jual Toyota.
- PT Andalan Finance Indonesia, sebagai perusahaan pembiayaan otomotif yang menyalurkan pembiayaan mobil bekas dan baru, dengan 43 kantor cabang dan 1 sales point yang tersebar di pulau Jawa dan beberapa kota besar di Indonesia.
- PT Meka Adipratama, sebagai perusahaan distribusi suku cadang, dengan jaringan distribusi di area sekitar Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan Timur. PT Meka Adipratama juga mengembangkan bisnis bengkel ritel dengan brand “CARfix” dengan 7 outlet CARfix di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
- PT CARSWORLD Digital Indonesia, didirikan pada 6 Juni 2018 menjadi sarana pengembangan sistem yang menggabungkan usaha Perseroan dan Entitas-Entitas Anak dalam sistem terintegrasi untuk menunjang dan memperkuat jaringan Perseroan di bidang otomotif.
Di tanggal 10 April 2017, Bintraco melaksanakan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO Saham) dan telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham “CARS”. Pada akhir tahun 2017, Bintraco Dharma telah memanfaatkan dana hasil IPO kurang lebih 33% untuk menambah modal kerja segmen bisnis otomotif Bintraco Dharma melalui PT New Ratna Motor dan kurang lebih 33% untuk pembangunan diler segmen otomotif Bintraco yaitu Nasmoco Purbalingga dan Nasmoco Demak. Sisanya direncanakan akan dimanfaatkan di tahun 2018 untuk pengembangan bisnis Perseroan.
Lowongan
Perusahaan publik yang sedang berkembang dengan berbagai bidang bisnis antara lain :

1. Dealership Toyota di Jawa Tengah & DI Yogyakarta (NASMOCO)
2. Perusahaan pembiayaan (ANDALAN FINANCE INDONESIA)
3. Spare part distributor dan bengkel (MEKA GROUP)
4. Perusahaan digital (CARS WORLD DIGITAL INDONESIA)
Serta Bisnis-bisnis lainnya seperti Balai Lelang , Rental , Logistik dll.

Sedang membutuhkan karyawan/karyawati yang potensial untuk mengikuti

MANAGEMENT TRAINEE

Kualifikasi :
Sarjana (S-1) IPK ; 3.00 Semua Jurusan
Usia max.24 Th
Bersedia ditempatkan di wilayah Jabotabek, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

Kirim Surat Lamaran Lengkap dan CV :

[email protected]
PT CARS WORLD Digital Indonesia
Pendirian PT CARS WORLD Digital Indonesia